Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Ternate tahun 2020 sebanyak 117.120 pemilih

DPT Pilwako Ternate Ditetapkan 117.120 Orang

TERNATE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate sudah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Ternate tahun 2020 sebanyak 117.120 pemilih. DPT ini ditetapkan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT di aula Ternate Wonder Island (TWI) atau Waterboom, Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan, Kamis (15/10/2020).

Penetapan DPT dilakukan dengan melibatkan Bawaslu Kota Ternate yang terdiri dari Kordiv PHL Rusly Saraha, Kordiv HPP Sulfi Majid, serta staf bagian data, kemudian KPU Malut, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ternate, Kesbangpol Kota Ternate, Liaison Officer (LO) ke empat Pasangan Calon (Paslon), stakehorder serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di delapan Kecamatan Kota Ternate.

Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kota Ternate, Rusly Saraha mengungkapkan, penetapan DPT Pilwako Ternate tahun 2020 dilakukan berdasarkan hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). “Tadi KPU Kota Ternate sudah menetapkan DPT Ternate sebanyak 117.120,” ucap Rusly di Sekretariat Bawaslu Kota Ternate usai menghadiri rapat pleno penetapan DPT.

Di dalam proses penetapan DPT ada sejumlah data yang diperbaiki oleh KPU, data yang diperbaiki tersebut diantaranya data hasil rekomendasi dari Bawaslu RI mengenai data ganda sebanyak 94 orang yang ditindaklanjuti dalam bentuk rekomendasi Bawaslu Kota Ternate.

Menurutnya, rekomendasi Bawaslu RI yang ditindaklanjuti Bawaslu Kota Ternate dalam bentuk rekomendasi kepada KPU setempat adalah data ganda sebanyak 94 orang yang setelah ditelusuri ternyata ada 39 orang yang datanya benar-benar ganda identik. Kemudian ada juga data terakhir mengenai pemilih baru di Pulau Ternate sebanyak 32 orang. Namun itu sudah ditindaklanjuti oleh KPU setempat. “Rekomendasi Bawaslu tadi sudah ditindaklanjuti oleh KPU,” jelasnya.

Namun kata Rusly, saat proses penetapan, KPU Kota Ternate sempat memberhentikan sementara atau skorsing  rapat pleno selama beberapa jam karena KPU belum bisa memastikan beberapa data yang direkomendasikan Bawaslu Kota Ternate.

Adapun rekomendasi yang disampaikan Bawaslu Kota Ternate kepada KPU setempat adalah data Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang ditemukan sebanyak 26 orang, terdiri dari 14 orang di Kecamatan Ternate Utara, 1 orang di Kecamatan Ternate Selatan dan 11 orang di Kecamatan Ternate Tengah.

Namun setelah ditelusuri kembali saat rapat pleno diskorsing, ternyata di Kecamatan Ternate Utara dari 14 orang yang direkomendasi hanya 6 orang yang dinyatakan TMS, sedangkan 8 orang sisanya dinyatakan MS. Kemudian 1 orang di Kecamatan Ternate Selatan setelah dikroscek kembali yang berangkutan dinyatakan MS. Sedangkan di Kecamatan Ternate Tengah dari 11 orang yang direkomendasikan, hanya 4 orang yang MS, sisanya sebanyak 7 orang dinyatakan TMS. “Jadi data-data itu sudah di kroscek dan sudah dilakukan validasi kembali,” katanya.

Selain itu, PPK Ternate Utara juga memberikan penjelasan mengenai 63 pemilih yang di dalam rekomendasi Bawaslu masuk dalam kategori TMS. “Jadi Bawaslu punya laporan awal itu kan 63 pemilih yang masuk kategori TMS, tapi namanya masuk di DPS, tetapi berdasarkan laporan tindak lanjut dari PPK dia nyatakan bahwa 63 itu namanya tidak ada di Daftar Pemilih Sementara (DPS). Ternyata setelah proses pengecekan kembali oleh Bawaslu, 63 pemilih itu namanya ada di DPS. Jadi tadi PPK Ternate Utara kemudian mengecek kembali 63 nama itu, dan ternyata dari 63 nama itu 58 diantaranya dinyatakan TMS, dan sisanya sebanyak 5 orang dinyatakan MS,” jelas Rusly.

Berikut Data Pemilih Tetap (DPT) Pilwako Ternate Tahun 2020 yang ditetapkan dalam Rapat Pleno Terbuka di aula Ternate Wonder Islan (TWI) atau Waterboom sore hingga malam tadi. Untuk Kecamatan Ternate Pulau sebanyak 5.493, Ternate Selatan sebanyak 38.365, Ternate Utara 28.096, Pulau Moti sebanyak 3.211, Pulau Batang Dua sebanyak 1.915, Ternate Tengah sebanyak 32.325, Pulau Hiri sebanyak 2.023, dan  Ternate Barat sebanyak 5.692, atau totalnya sebanyak 117.120 jiwa pilih. Dari total DPT yang ditetapkan tersebut, untuk DPT laki-laki sebanyak 57.064 dan perempuan 60,056 orang. (HBT)

Penulis : Nasarudin Amin

Fotografer : Humas Bawaslu Kota Ternate

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on email
Email
Hari
Jam
Menit
Detik

Badan Pengawas Pemilihan Umum
Kota Ternate, Jl. Cempaka No 345
Kel. Tanah Tinggi, Kec. Ternate Selatan
Kota Ternate-Maluku Utara