Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan, S.Pd

Bawaslu Perketat Pengawasan Pembentukan KPPS di Setiap TPS

TERNATE – Bawaslu Kota Ternate bakal memperketat pengawasan lapangan saat pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di setiap TPS masing-masing Kelurahan. Ini dilakukan sebagai bentuk proteksi karena sudah ada issue yang beredar bahwa KPPS yang nanti dibentuk diduga sudah di setting untuk memenangkan salah satu Pasangan Calon (Paslon) pada pemungutan suara tanggal 9 Desember mendatang.

Issue yang beredar terkait pembentukan KPPS di setiap TPS kelurahan diduga sudah setting untuk memenangkan salah satu pasangan Calon akan di kawal ketat oleh Bawaslu Kota Ternate,” Tegas Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan, Senin (12/10/2020).

Karena itu, ia meminta KPU beserta jajaranya agar pada saat pembentukan KPPS di tingkat Kelurahan dapat dilakukan secara terbuka dan transparan sesuai prosedur yang berlaku. Prinsipnya, Bawaslu Kota Ternate kata dia akan melakukan pengawasan secara ketat sehingga issue yang beredar tersebut dapat diproteksi lebih awal.

“Kita belum mengantongi secara reami informasi yang beredar tersebut. Namun Bawaslu akan melakukan pengawalan secara ketat, dan bakal diawasi secara ketat kegiatan tersebut apakah sesui prosedur atau tidak?,”ungkapnya.

Menurutnya, issue yang beredar itu secara resmi belum dikantongi. Namun tetap menjadi ikhtiar Bawaslu untuk melakukan pengawasan. Bawaslu juga akan melakukan penelusuran untuk mencari tahu kebenaran informasi tersebut. “Kita akan menyampaikan kepada KPU untuk tetap profeaional dan tepat sasaran dan sesui dengan peraturan perundang-undangan,” tegasnya. (HBT)

Penulis : Nasarudin Amin

Fotografer : Humas Bawaslu Kota Ternate

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on email
Email
Hari
Jam
Menit
Detik

Badan Pengawas Pemilihan Umum
Kota Ternate, Jl. Cempaka No 345
Kel. Tanah Tinggi, Kec. Ternate Selatan
Kota Ternate-Maluku Utara